Selaras dengan tuntutan
kompetensi yang harus dimiliki guru (kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesi), pengembangan bahan ajar
(materi pembelajaran) dan media merupakan salah satu kewajiban yang diemban
guru untuk mengembangkan kompetensi yang dimiliki, pada gilirannya dapat
meningkatkan eksistensinya sebagai guru yang profesional.
Selain itu permasalahan lain yang
ada sekarang ini adalah mempersiapkan guru untuk menyambut kurikulum
baru yakni kurikulum 2013 yang rencananya
akan digulirkan pada tahun 2014, akan tetapi apablila satuan pendidikan siap, maka
tak ada salahnya sekolah tersebut sudah menerapkan kurukulum 2013 di tahun
pelajaran 2013-2014 ini. Pemahaman kurikulum
2013 dan peningkatan professional guru hendaknya sudah menjadi kewajiban bagi
semua guru, dan ini harus terus ditingkatkan, salah sarena tanpa itu mustahil
professional guru dapat meningkat dengan sendirinya dan kurikulum 2013 dapat
paham dengan begitu saja.
Selanjutnya pemilihan bahan ajar, model dan media pembelajaran terkait erat dengan pemahaman kurikulum, yang di dalamnya terdapat standar kompetensi dan kompetensi dasar,
materi pokok, pengalaman belajar, metoda, evaluasi dan sumber. Selaras dengan
pengembangan kurikulum maka materi pembelajaran yang akan dikembangkan sudah
semestinya tetap memperhatikan pencapaian standar kompetensi dan kompetensi
dasar, kesesuaian dengan materi pokok yang diajarkan, mendukung pengalaman
belajar, ketepatan metoda dan media pembelajaran, dan sesuai dengan indikator
untuk mengembangkan asesmen.
Dari latar belangkan tersebut maka MTs Negeri Ciranjang Kemeneg Kantor Kabupaten Cianjur mengadakan Diklat Pengembangan Profesi Guru dalam Menyongsong Kurikulum 2013 dengan materi :
1.
Penilaian
Kinerja Guru (PKG);
2.
Penilaian
Kinerja Berkelanjutan(PKB)
3.
Kurikulum 2013;
4.
Penelitian
Tindakan Kelas;
5.
Perangkat
Pembelajaran;
6.
Media
Pembelajaran Berbasis Teknologi;
7.
ESQ
(Emotional Spiritual Question).
Kegiatan pendidikan dan latihan ini mempunyai
maksud dan tujuan sebagai berikut :
1)
memperoleh
gambaran tentang guru yang profesional;
2)
memperoleh
gambaran tentang kurikulum 2013;
3)
memperoleh
gambaran tentang peningkatan professional
guru melalui PTK;
4)
dapat
mengembangkan kemampuannya dalam mengelola bahan ajar dan media pembelajaran;
5)
lebih kritis
menyesuaikan bahan ajar dan media yang dikembangkannya dengan karakteristik
siswa;
6)
dapat memiliki kemampuan
dalam menerapkan kurikulum 2013 pada mata pelajarannya.
Photo bersama peserta dengan widyaiswara
Kepala Madrasah dan Ketua Pelaksana
Uyyy serius....
Berdiri ach biar nggak pegel
Game ketika Diklat
Panitia Pelaksana
Istirahat sejenak setelah makan siang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar